Selamat Sore,
Pada kesempatan kali ini, saya akan mereview artikel dari teman saya, Harun Prasetya, mengenai pemanfaatan CRM pada perusahaan Telkomsel. Pada tugas ini juga, saya hanya perlu copy paste artikel yang saya sudah review. Berikut isi artikelnya:
PEMANFAATAN CRM PADA TELKOMSEL
Profil Perusahaan Telkomsel
Telkomsel
didirikan pada tahun 26 Mei 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk
mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk mencapai visi
tersebut, Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh
penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel
menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia,
termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G
di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba
teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor
penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station
(BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan
utama pelanggan di seluruh Indonesia.
Memasuki era
ICT (Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan
pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi
perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%). Telkomsel
terus mengembangkan layanan telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi
sebagai penyedia layanan gaya hidup selular. Adapun jenis produk yang
ditawarkan oleh Telkomsel adalah kartu prabayar SIMPATI dan AS, dan juga kartu
pasca bayar yaitu kartu Halo.
Setelah
berdiri selama 18 tahun, Telkomsel tetap mempertahankan semangat untuk menjadi
yang terdepan dalam bidang telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan Telkomsel
juga terus berusaha untuk mempertahankan jumlah pelanggan loyal mereka dan juga
menambah pelanggan – pelanggan baru. Hasil kerja keras perusahaan Telkomsel
bisa dilihat dari jumlah pelanggan yang dimiliki. Pada pertengahan tahun 2010,
jumlah pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah 88.32 juta atau
mewakili 47% pangsa pasar layanan seluler di Indonesia. Selain itu, Telkomsel
juga terus melakukan inovasi dan perubahan – perubahan untuk lebih memuaskan
kebutuhan pelanggan yang mereka miliki.
Segala usaha
dan inovasi yang dilakukan oleh Telkomsel akhirnya mendapat pengakuan dari
banyak pihak. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penghargaan yang diterima oleh
Telkomsel. Pada tahun 2011, tercatat Telkomsel menerima total 41 award dari
berbagai lembaga. Hal ini menjadi indikasi penting bahwa Telkomsel senantiasa
memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Untuk lebih meningkatkan kepuasan
dan kenyamanan para pelanggannya, semenjak tahun 2010 perusahaan Telkomsel
sudah mengimplementasikan CRM dalam kegiatan proses bisnis mereka.
Pengertian CRM
Saat ini,
sudah banyak para ahli yang memberikan defenisi pengertian mengenai CRM. Adapun
beberapa pengertian CRM menurut para ahli adalah sebagai berikut :
Menurut Kalakota
dan Robinson : 2001, CRM sebagai
integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi.
Menurut Laudon dan Traver : 2002, CRM menyimpan informasi pelanggan dan menyimpan
serta merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan,
serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi
tentang pelanggan tersebut.
Menurut Kotler : 2003, CRM
mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara
real time dan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan melalui penggunaan
informasi tentang pelanggan.
Berdasarkan
pengertian – pengertian CRM menurut para ahli tersebut, kita dapat menyimpulkan
bahwa CRM adalah sejenis teknik atau teknologi manajemen yang secara khusus
membahas tentang penanganan hubungan antara perusahaan dengan para
pelanggannya, dan bertujuan untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan
setiap pelanggannya sehingga perusahaan tersebut dapat lebih dekat lagi dengan
pelanggan yang mereka miliki.
Tujuan dan
Manfaat CRM
Menurut
Kalakota dan Robinson (2001), tujuan CRM yaitu:
-
Menggunakan hubungan dengan pelanggan untuk
meningkatkan keuntungan perusahaan
-
Menggunakan informasi untuk memberikan pelayanan
yang memuaskan
-
Mendukung proses penjualan berulang kepada
pelanggan
Manfaat CRM
dapat disimpulakan sebagai berikut :
-
Mengurangi biaya
Aplikasi CRM memungkinkan penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Tertuju ke pelanggan yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.
Aplikasi CRM memungkinkan penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Tertuju ke pelanggan yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.
-
Meningkatkan efisiensi operasional
Otomasi penjualan dan proses layanan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow.
Otomasi penjualan dan proses layanan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow.
-
Peningkatan time to market
Aplikasi CRM memungkinkan kita membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan yang lebih baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan, sampai integrasi dengan aplikasi ERP untuk keperluan perencanaan yang lebih baik. Dengan kemampuan penjualan di web, maka hambatan waktu, geografis, sampai ketersediaan sumber data dapat dikesampingkan untuk mempercepat penjualan produk tersebut.
Aplikasi CRM memungkinkan kita membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan yang lebih baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan, sampai integrasi dengan aplikasi ERP untuk keperluan perencanaan yang lebih baik. Dengan kemampuan penjualan di web, maka hambatan waktu, geografis, sampai ketersediaan sumber data dapat dikesampingkan untuk mempercepat penjualan produk tersebut.
-
Peningkatan pendapatan
Aplikasi CRM menyediakan informasi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. CRM memiliki fungsi untuk melihat peluang yang ada di dalam persaingan bisnis, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mencari peluang dan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.
Aplikasi CRM menyediakan informasi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. CRM memiliki fungsi untuk melihat peluang yang ada di dalam persaingan bisnis, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mencari peluang dan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.
Komponen CRM
Mengacu kepada perusahaan Vinno
CRM, ada tiga komponen utama CRM yakni :
1. Customer
Merupakan segala pihak yang pernah, akan dan sedang merasakan produk jasa dan layanan yang diberikan perusahaan, baik dalam proses melihat, membeli dan pemeliharaan. Perlu diingat bahwa tidak semua pelanggan merupakan pelanggan potensial. Dimana 80% keuntungan perusahaan diperoleh dari 20% pelanggan potensial.
2. Relationship
Dalam membangun Relationship ( Hubungan ) dengan pelanggan, perusahaan harus memahami mata rantai yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggannya yaitu komunikasi dua arah. Tujuan dari hubungan dengan pelanggan adalah kepuasan jangka panjang yang melampaui transaksi individual.
Merupakan segala pihak yang pernah, akan dan sedang merasakan produk jasa dan layanan yang diberikan perusahaan, baik dalam proses melihat, membeli dan pemeliharaan. Perlu diingat bahwa tidak semua pelanggan merupakan pelanggan potensial. Dimana 80% keuntungan perusahaan diperoleh dari 20% pelanggan potensial.
2. Relationship
Dalam membangun Relationship ( Hubungan ) dengan pelanggan, perusahaan harus memahami mata rantai yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggannya yaitu komunikasi dua arah. Tujuan dari hubungan dengan pelanggan adalah kepuasan jangka panjang yang melampaui transaksi individual.
3. Management
CRM harus berfokus pada pengelolaan dan peningkatan hubungan sejati dengan pelanggan dalam jangka panjang. CRM membantu perusahaan untuk membangun pemahaman yang mendalam tentang nilai yang diperoleh dari mengembangkan hubungan yang solid dan kontribusi hubungan tersebut bagi pengembangan keunggulan kompetitif perusahaan.
CRM harus berfokus pada pengelolaan dan peningkatan hubungan sejati dengan pelanggan dalam jangka panjang. CRM membantu perusahaan untuk membangun pemahaman yang mendalam tentang nilai yang diperoleh dari mengembangkan hubungan yang solid dan kontribusi hubungan tersebut bagi pengembangan keunggulan kompetitif perusahaan.
TahapanCRM
Ada tiga tahapan atau fase CRM menurut Kalakota dan Robinson, yaitu :
1. Mendapatkan pelanggan baru ( Acquire ), Pelanggan baru didapatkan dengan memberikan pelayanan menarik yang sesuai dengan selera atau keinginan pangsa pasar saat ini. Selain itu pelanggan baru juga bisa didapatkan dari inovasi yang dilakukan perusahaan yang mengikuti harapan serta keinginan konsumen.
Ada tiga tahapan atau fase CRM menurut Kalakota dan Robinson, yaitu :
1. Mendapatkan pelanggan baru ( Acquire ), Pelanggan baru didapatkan dengan memberikan pelayanan menarik yang sesuai dengan selera atau keinginan pangsa pasar saat ini. Selain itu pelanggan baru juga bisa didapatkan dari inovasi yang dilakukan perusahaan yang mengikuti harapan serta keinginan konsumen.
2. Meningkatkan hubungan dan keuntungan dari pelanggan yang telah ada ( Enhance ), Perusahaan berusaha menjalin hubungan dengan pelanggan melalui pemberian pelayanan yang baik terhadap pelanggannya ( Customer Service ). Dengan pengaplikasian CRM, perusahaan memiliki data – data yang lengkap dan juga terstruktur mengenai pelanggan – pelanggan yang mereka miliki. Dengan begitu perusahaan dapat lebih mengenal para pelanggan mereka dan akan semakin memudahkan perusahaan untuk membina hubungan dengan para pelanggan. Selain itu, pada CRM juga diterapkan konsep cross-selling dan up selling yang dapat menigkatkan pendapatan dari perusahaan dan juga mengurangi biaya untuk memperoleh pelanggan.
3. Mempertahankan pelanggan ( Retain ),
merupakan usaha mendapatkan loyalitas pelanggan dengan mendengarkan pelanggan
dan berusaha memenuhi keinginan pelanggan. Saat ini fokus utama perusahaan
adalah bagaimana mempertahankan pelanggan yang sudah pasti memberikan
keuntungan bagi perusahaan, daripada mendapatkan pelanggan baru yang belum
tentu menguntungkan bagi perusahaan.
Demikian isi dari artikel yang saya copy paste dari blog teman saya. Berikut link blog teman saya http://harunprasetya04390.blogspot.co.id/
Demikian juga artikel saya buat untuk tugas #ERPT04A, mereview dan meng-copy paste artikel teman saya mengenai pemanfaatan CRM pada perusahaan Telkomsel. Semoga bermanfaat
bagi penulis, pembaca, maupun kawan-kawan semua.
See you in next article, pada tugas #ERPT04B, enjoy the life :)
Cheers,
ISA T.
See you in next article, pada tugas #ERPT04B, enjoy the life :)
Cheers,
ISA T.
No comments:
Post a Comment