Friday, October 9, 2015

ERP 2015: Business Process CRM #ERPT03A

Assalamualaikum kawan-kawan,
Selamat malam,

Pada kesempatan kali ini, saya akan mensharingkan apa itu CRM dan bagaimana business process dari CRM itu sendiri.
Customer Relationship Management atau CRM adalah salah satu aplikasi dari ilmu MIS. Dalam sebuah industri yang perkembangannya pesat. Customer adalah mata rantai yang tak terpisahkan dari struktur industri. Mengapa? Karena customer lah yang menjadi pembeli dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan kita. Sebuah perusahaan tak akan pernah bisa berjalan dengan baik apabila tak ada yang membeli produk atau jasanya. Dunia bisnis sekarang ini telah menjadi semakin sulit dan semakin crowded. Banyak sekali competitor yang selalu bermunculan dengan ide-ide baru dan inovasi tercanggih setiap saatnya. Akibatnya customer tentu akan memiliki banyak sekali pilihan, jika ia tak puas dengan layanan sebuah perusahaan ia akan dengan mudah berpindah ke produsen yang lain. Bagaimana caranya agar customer tersebut tidak melakukan hal itu dan selalu loyal terhadap produk perusahaan kita? CRM lah salah satu jawabannya.

Apa Itu CRM?
CRM atau Customer Relationship Management adalah sebuah strategi bisnis yang berbasis customer, seperti strategi bisnis lainnya tujuan akhir dari CRM adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan pendapatan. Sedangkan tujuan utama dari CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa teknologi yang melatarbelakangi CRM diantaranya adalah mendapatkan, menyimpan, analisis terhadap customer, vendor, partner, dan proses informasi internal.

Sedangkan fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM adalah sales, marketing, purchasing, professional development, call center dan customer support. Keseluruhan teknologi dan fungsi-fungsi yang melingkupi CRM haruslah terintegrasi sebagai bagian tak terpisahkan strategi bisnis yang fokus pada customer. Karena banyak dari perusahaan yang mengimplementasikan CRM namun sayangnya hanya terbatas pada instalasi software CRM saja, tanpa adanya will untuk meletakkan customer diatas segalanya.
 Berikut adalah gambar mengenai business process CRM pada umumnya:

Berikut adalah peta atau flowchart mengenai business process CRM pada umumnya:

Saya sharingkan juga link business process yang dibuat dari Bizagi Modeler Software. Berikut linknya Business Process CRM
MANFAAT/KEUNTUNGAN CRM
 Selain definisi tentang CRM. Manfaat dan keuntungan dari CRM juga terdapat banyak pendapat diantaranya adalah:

1. Penggunaan Customer Relationship Management ( CRM ) memiliki beberapa manfaat yang dapat berpengaruh bagi meningkatnya nilai suatu perusahaan yaitu :
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Mengurangi biaya.
  • Meningkatkan efisiensi operasional.
  • Peningkatan time to market.
  • Peningkatan pendapatan.  
2. CRM membantu perusahaan untuk mengembangkan produk baru berdasarkan pengetahuan yang lengkap tentang keinginan pelanggan, dinamika pasar dan pesaing dengan cara:
  • Menjaga pelanggan yang sudah ada.
  • Menarik pelanggan baru
  • Cross Selling: menjual produk yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
  • Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi.
  • Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan.
  • Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system.
  • Respon yang lebih cepat ke pelanggan.
  • Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses.
  • Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang.
"Salah satu aplikasi CRM berbasis teknologi cloud computing adalah salesforce.com dan LMD adalah sebagai salah satu partner resmi salesforce.com di Indonesia."

Demikian juga artikel saya buat untuk tugas #ERPT03A, membuat business process CRM dengan aplikasi Bizagi Modeler. Semoga bermanfaat bagi penulis, pembaca, maupun kawan-kawan semua.

See you in next article, enjoy the life :)

Cheers,
ISA T.

No comments:

Post a Comment