Selamat malam,
Pada kesempatan kali ini, saya akan mensharingkan apa itu CRM dan bagaimana business process dari CRM itu sendiri.
Customer
Relationship Management atau CRM adalah salah satu aplikasi dari ilmu MIS. Dalam
sebuah industri yang perkembangannya pesat. Customer adalah mata rantai
yang tak terpisahkan dari struktur industri. Mengapa? Karena customer
lah yang menjadi pembeli dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh
perusahaan kita. Sebuah perusahaan tak akan pernah bisa berjalan dengan
baik apabila tak ada yang membeli produk atau jasanya. Dunia bisnis
sekarang ini telah menjadi semakin sulit dan semakin crowded. Banyak
sekali competitor yang selalu bermunculan dengan ide-ide baru dan
inovasi tercanggih setiap saatnya. Akibatnya customer tentu akan
memiliki banyak sekali pilihan, jika ia tak puas dengan layanan sebuah
perusahaan ia akan dengan mudah berpindah ke produsen yang lain.
Bagaimana caranya agar customer tersebut tidak melakukan hal itu dan
selalu loyal terhadap produk perusahaan kita? CRM lah salah satu
jawabannya.
Apa Itu CRM?
CRM
atau Customer Relationship Management adalah sebuah strategi bisnis yang berbasis customer, seperti strategi
bisnis lainnya tujuan akhir dari CRM adalah untuk memaksimalkan
keuntungan dan pendapatan. Sedangkan tujuan utama dari CRM adalah
meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa teknologi yang
melatarbelakangi CRM diantaranya adalah mendapatkan, menyimpan, analisis
terhadap customer, vendor, partner, dan proses informasi internal.
Sedangkan
fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM adalah sales, marketing, purchasing, professional development, call center dan customer support. Keseluruhan teknologi dan fungsi-fungsi
yang melingkupi CRM haruslah terintegrasi sebagai bagian tak terpisahkan
strategi bisnis yang fokus pada customer. Karena banyak dari perusahaan
yang mengimplementasikan CRM namun sayangnya hanya terbatas pada
instalasi software CRM saja, tanpa adanya will untuk meletakkan customer
diatas segalanya.
Berikut adalah gambar mengenai business process CRM pada umumnya:
Berikut adalah peta atau flowchart mengenai business process CRM pada umumnya:
Saya sharingkan juga link business process yang dibuat dari Bizagi Modeler Software. Berikut linknya Business Process CRM
MANFAAT/KEUNTUNGAN CRMSelain definisi tentang CRM. Manfaat dan keuntungan dari CRM juga terdapat banyak pendapat diantaranya adalah:
1. Penggunaan Customer Relationship Management ( CRM ) memiliki beberapa manfaat yang dapat berpengaruh bagi meningkatnya nilai suatu perusahaan yaitu :
- Meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Peningkatan time to market.
- Peningkatan pendapatan.
- Menjaga pelanggan yang sudah ada.
- Menarik pelanggan baru
- Cross Selling: menjual produk yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
- Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi.
- Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan.
- Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system.
- Respon yang lebih cepat ke pelanggan.
- Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses.
- Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang.
Demikian juga artikel saya buat untuk tugas #ERPT03A, membuat business process CRM dengan aplikasi Bizagi Modeler. Semoga bermanfaat bagi penulis, pembaca, maupun kawan-kawan semua.
See you in next article, enjoy the life :)
Cheers,
ISA T.
No comments:
Post a Comment